-->

Wednesday 16 March 2016

Mengatasi Iklan Aneh Tiba-Tiba Muncul di Blog atau Web

Terkadang kita kaget melihat blog sendiri. Anehnya dengan tiba-tiba iklan muncul pada halaman blog atau website. Padahal selama ini kita tidak pernah mendaftarkan blog untuk bergabung dengan layanan iklan PPC. Nah, hal itu baru saja terjadi pada blog gividia. Saya sangat kaget dengan masalah ini dan beranggapan mungkin blog di hack orang lain sehingga dengan leluasa mereka menempatkan iklan di blog saya. Iklan yang muncul misalnya seperti Lazada. Dalam iklan tersebut saya lihat ada tulisan ads by Unisales. Karena tidak tau apa masalahnya lalu saya tanya mbah google dan kebetulan disalah satu forum saya menemukan ada salah seorang user yang mengalami masalah yang sama. Disana ada beberapa jawaban yang bisa dijadikan referensi untuk mengatasi masalah yang aneh ini. Sebagaimana yang dikutip dari percakapan tersebut (maaf saya tidak ingat namanya), "Gan, kenapa ya kok pas saya buka blog tiba-tiba iklan muncul sendiri dari lazada atau ads by unisales?". Lalu dijawab oleh seorang user lain, "Bukan webnya yg salah tapi browsernya. Pasti habis download & instal software tertentu dan secara ga sengaja ada aplikasi (yg tak diinginkan) yg ikut terinstal, biasanya aplikasi itu muncul sendiri ketika kita buka website (apa saja)".

Dari percakapan di atas dapat disimpulkan bahwa iklan bisa muncul di web atau blog karena adanya aplikasi tertentu yang terinstal dalam komputer kita. Hal ini terjadi pada saat kita instal aplikasi tapi dalam aplikasi itu ada aplikasi lain yang ngikut sehingga mereka juga ikut terinstal karena mungkin kita tidak melakukan seleksi sewaktu instal aplikasi, selain itu juga karena kita mau download aplikasi, tapi aplikasi yang didownload tidak tepat lalu kita instal. Nah.. akhirnya si aplikasi akan bertindak semaunya dikomputer kita dengan menambahkan tolbar, addons di browser sehingga menampilkan iklan saat kita melakukan browsing. Tindakkan ini sama halnya dengan virus tapi tidak terlalu jahat. Mereka hanya ingin mempromosikan sesuatu dan tidak merusak komputer. Tapi, terkadang hal ini merugikan user juga yang membuat komputer mejadi lambat dalam bekerja, juga iklan yang muncul sembarangan. Untuk mengatasinya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi Iklan Aneh Tiba-Tiba Muncul di Blog:
1. Kalau iklan muncul di web sembarangan berarti itu ada hubungannya dengan addons, sehingga anda harus menghapus addonsnya dari browser, dengan cara mencarinya di daftar ekstensi pada browser yang anda gunakan, jika menggunakan Mozilla Firefox tulis about:addons pada URL browser anda tekan Enter, kemudian klik Ekstensi. Kalau jika menggunakan Google Chrome tulis chrome://extensions/ pada URL browser anda, tekan Enter.

2. Selanutnya cari addons yang berhubungan dengan iklan misalnya Adds by Unisales berarti anda harus mencari addons yang namanya berkaitan dengan Unisales seperti SaleePluus 1.2. Lalu hapus addons tersebut dengan menekan Hapus. Seperti gambar dibawah ini. 


Hanya dengan melakukan langkah di atas berarti iklan tidak akan tampil lagi pada browser anda.

Selain itu, jika terdapat tolbar pada browser anda yang dapat membuat browsing jadi lambat dan tampilan browser tidak sesuai dengan semestinya maka anda juga bisa menghilangakannya dengan cara menghapus aplikasinya dengan cara berikut:
- Tekan Ctlr+R kemudian ketikkan Control Panel -> Enter -> Add or Remove Programs.
- Cari aplikasi yang namanya berkaitan dengan tolbar kemudian Remove.

Sekarang komputer anda telah terbebas dari iklan yang muncul tanpa diundang dan juga terbebas dari aplikasi yang akan membuat browser anda lambat. Demikianlah tutorial ini saya buat dengan semestinya dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dari pihak manapun (hehe,, kayak surat kuasa aja ya). Baiklah, saya akhiri tutorial ini. Semoga bermanfaat.

Advertiser