-->

Sunday 10 January 2016

Cara Mengetahui Tipe Mainboard dan Spesifikasi Komputer

Disini saya akan berbagi sedikit tips Cara Mengetahui Tipe Mainboard dan Spesifikasi Hardware  Komputer dan Laptop. Mengapa kita perlu tahu spesifikasi hardware dari komputer, itu tergantung dari tujuan pengguna masing - masing. Ada yang sekedar ingin tahu secara detail tentang komputernya sehingga bisa menentukan kemampuan yang dimiliki komputer tersebut saat beroperasi dan ada juga untuk mecari infomasi tertentu tentang hardware dengan tujuan untuk mendapatkan drivernya. Tidak salah lagi memang dalam topik ini kita butuh tahu begaimana cara melihat tipe dari mainboard yang berada dalam komputer tanpa membuka casing CPU. Disini saya mempunyai dua cara pertama menggunakan fasilitas dari windows, kedua menggunakan sebuah software yang bernama CPU Z. Baiklah perhatikan cara dibawah ini.

Melihat tipe mainboard dengan fitur bawaan windows :
1. Tekan "Tombol Windows + R" (jika tidak tahu tombol windows seperti apa, bisa dengan melihat gambar bendera pada tombol yang ada pada keyboard).
2. Kemudian akan muncul sebuah kotak yang mengharuskan kita untuk mengisi alamat tertentu. Ketik "dxdiag" dan tekan "Enter".
3. Maka kita akan melihat berbagai macam merek yang ada dalam CPU, untuk menentukan tipe mainboard bisa dilihat pada kotak warna merah.
4. Jadi tipe mainboard yang ditunjuk adalah ECS G31T-M9
5. Sedangkan untuk melihat spesifikasi lainya seperti Memory Ram, Memory Vga, Operating System, Vendor Processor dll bisa dilihat disana (Jendela DirectX Diagnostic Tool).

Melihat tipe mainboard menggunakan software CPU-Z
Software ini berukuran sangat kecil jadi sangat ringan untuk digunakan dan tidak memberatkan komputer. Dengan menggunakan software ini kita bisa lebih detail lagi mengetahui dari spesifikasi CPU. Software ini memberikan keterangan lebih lengkap lagi dibandingkan Jendela DirectX Diagnostic Tool yang tadi. Untuk mengetahui tipe mainboard perhatikan langkah dibawah ini.

1. Jika belum memiliki software CPU-Z download dulu pada situs ini Gividia Download Free
2. Setelah berhasil di download lalu "Extract" dengan cara klik kanan "Extract Here"
3. Kemudian jalan program CPU-Z dengan melkakukan klik pada "cpuz_x32.exe"
4. Nah.. sekarang programnya telah terbuka, yuk langsung saja intip seperti apa spesifikasi dari komputer yang anda miliki.
5. Untuk melihat spesifikasi seperti tipe dari mainboard klik "Mainboard" pada tab atas.
6. Perhatikan kotak warna merah, itulah tipe mainboard yang sobat miliki yatiu ECS G31T-M9.


Begitulah cara Mengetahui Tipe Mainboard dan Spesifikasi Hardwar. Sobat bisa gunakan informasi tersebut untuk keperluan seperti mencari driver yang cocok pada hardware komputer. Bagi mereka yang mengerti komputer pasti akan sangat penting sekali informasi tersebut.
Jika anda ingin belajar cara install komputer dengan mudah hanya dengan menggunakan flashdisk

Advertiser