-->

Thursday 21 April 2016

Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Menerima SMS

Hp Android Tidak Bisa Menerima SMS. Apakah anda pernah mengalami masalah seperti ini? Hp Smartphone Android tidak bisa menerima SMS tapi bisa mengirim SMS. Kalau ya, kebetulan masalahnya persis sama dengan yang saya alami beberapa waktu lalu. Waktu itu saya pernah menginstal sebuah aplikasi bernama My Telkomsel. Lalu dua hari setelah aplikasi berada di ponsel, saya merasakan hal yang aneh dari ponsel saya tersebut, "kenapa ya, selama dua hari ini tidak ada SMS yang masuk satu-pun ke Hp saya?".


Dari situ saya mulai curiga tapi kecurigaan itu masih belum saya tanggapi dengan serius. Lalu setelah itu saya mencoba login ke sebuah akun melalui komputer bernama AirPay. AirPay adalah sebuah situs penyedia layanan pembelian dan pembayaran berbasis online sebuah produk milik Garena. Untuk setiap kali login ke akun ini membutuhkan kode verifikasi yang dikirim ke Hp melalui SMS. Karena sudah tiga hari tidak pernah login dan saldo juga sudah habis maka saya harus login untuk pengisian saldo.Tapi pas saat login SMS kode verifikasi tidak bisa masuk ke ponsel saya sehingga saya tidak dapat login ke AirPay. Dicoba hubungi AirPay melalui email ternyata tidak ada tanggapan, ditanya ke custumer service Telkomsel katanya memang ada gangguan pada jaringan. Padahal tidak, buktinya teman saya masih dapat terima SMS.

Sampai disana masalah belum terpecahkan, akhirnya saya coba pindahkan kartu SIM yang bermasalah tadi ke Hp saya yang satu lagi. Dan coba tes terima SMS. Ternyata bisa, SMS bisa masuk ke kartu SIM yang bermasalah tadi. Belum puas sampai disana, saya coba lagi login ke akun AirPay. Ternyata juga bisa, saya dapat menerima SMS kode verikasi. Tapi setelah memindahkan kartu SIM kembali ke Hp saya yang biasa digunakan tetap masih belum bisa. Dan itu jelas yang bermasalah adalah Hpnya, dan bukan kartunya.

Solusi dari Masalah Hp Android Tidak Bisa Menerima SMS
Setelah diketahui kalau Hpnya yang bermasalah dan bukan kartunya, maka saya harus mengingat-ingat "kira-kira selama dua hari terakhir ini apa saja ya, perubahan yang pernah saya lakukan pada Hp saya tersebut?" Dan akhirnya mulai teringat kalau saya pernah menginstal sebuah aplikasi bernama My Telkomsel dan berfikir "mungkinkah aplikasi tersebut bisa membuat Hp saya tidak dapat terima SMS?", untuk membuktikannya saya mencoba hapus/uninstal aplikasi itu dan coba tes kembali terima SMS. Wah! ternyata bisa. Hp saya kembali bisa menerima SMS. Untuk memastikannya lagi saya coba pasang kembali aplikasi My Telkomsel, ternyata tidak bisa lagi terima SMS. Akhirnya saya memutuskan untuk tetap menghapusnya agar tetap bisa menerima SMS.

Jadi kesimpulan dalam postingan ini berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami ternyata hal yang mempengaruhi tidak bisa menerima SMS adalah aplikasi My Telkomsel. Haduh! kok bisa ya? aplikasi dari perusahaan ternama bisa begini (mohon maaf, bukan menjelek-jelekan ya tapi memang begitu kenyataannya). Semoga aplikasi ini bisa lebih bagus lagi pada versi terbarunya dan tidak mempengaruhi terima SMS pada android sehingga saya dan teman-teman semua dapat kembali menggunakannya. O ya satu lagi, teman saya yang pernah instal aplikasi My Telkomsel juga pernah punya masalah yang sama tapi setelah saya kasih solusinya seperti diatas akhirnya dia dapat kembali terima SMS.

Baiklah, demikian solusi atau cara mengatasi Hp android tidak bisa menerima pesan/SMS baik pada kartu Telkomsel (Simpati, As), XL, Axis, Tri, Indosat/IM3 mapun kartu lainnya yang ada di Hp android. Semoga bermanfaat.

Advertiser